Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C11!

Realme memang tergolong merk HP yang sungguh rajin mengeluarkan produk-produk terbaru. Setelah merilis berbagai HP seperti Realme Narzo dan Realme X3 SuperZoom, kini Realme C11 juga tak mau ketinggalan.

Memasuki pasar harga entry-level, ponsel yang dihadirkan di Indonesia pada akhir Juni 2020 ini memiliki spek yang tidak biasa ditemukan pada rentang harganya. Jika Anda penasaran mengenai seluk-beluk HP gaming super terjangkau ini, berikut Carisinyal sajikan 10 kelebihan dan kekurangan Realme C11 supaya tidak salah beli.

Spesifikasi Realme C11

Realme C11

  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6.5 inches
  • Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8230
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme C11

Realme C11 disebut-sebut sebagai HP yang cocok dipakai untuk bermain game. Apakah benar demikian? Daripada penasaran, langsung saja simak poin-poin kelebihan Realme C11 sebagai berikut.

1. Kapasitas Baterai 5000 mAh

baterai besar realme c11

Bagi Anda yang mengetahui Realme C11 sebagai HP murah, mungkin tidak akan menyangka kalau ponsel ini memiliki durasi pemakaian yang panjang dalam sekali pengecasan. Ya, Realme C11 memang hadir dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh.

Anda sungguh tidak perlu khawatir ketika di luar ruangan, kapasitas ini mampu menjaga Realme C11 agar tetap menyala hingga 3 hari pemakaian dalam pemakaian sedang.

Laman produk resmi Realme C11 bahkan mengklaim kalau durasi standby dari ponsel ini bisa mencapai hingga 40 hari. Sedangkan untuk bermain game, HP dapat bertahan selama 12,1 jam. Aktivitas lain juga digadangkan mampu dilakukan dengan durasi yang lama, seperti menonton video selama 21,6 jam dan menelepon selama 31,9 jam.

Perlu diingat bahwa Realme C11 adalah HP yang dibanderol dengan harga 1 jutaan saja. Jadi, dari sektor baterai ,ponsel ini memang sungguh memberikan value for money yang tinggi pada penggunanya. Ditambah lagi, Realme C11 juga bisa digunakan sebagai power bank menggunakan OTG.

2. Layar Berukuran Besar

realme c11 layar

Jika Anda sedang mencari smartphone yang layarnya nyaman dipakai menonton, Realme C11 merupakan salah satu pilihan terbaik di segmen harga entry-level. Pasalnya ponsel Realme ini memang disertai dengan layar 6,5 inci dan beresolusi HD+ 720 x 1560 piksel.

Layar yang mengusung panel IPS LCD ini memiliki rasio 20:9 serta kerapatan 270 ppi. Demi menyempurnakan pengalaman Anda saat menonton, layar ini sudah dibuat dengan desain poni waterdrop, alias poni dengan sedikit ceruk sebagai rumah bagi lensa depan.

Memang, di tahun 2020 saat ponsel ini dirilis, tren layar sudah berganti ke punch-hole. Tapi secara keseluruhan, layar Realme C11 masih memenuhi hampir keseluruhan ruang pada bodi depan, sehingga mencapai rasio bodi ke layar sebesar 88,7%. Penggunanya dijamin betah binge-watching seharian.

3. Chipset Cukup Berdaya Saing

helio g33 realme c11

Selain dari layar dan ketahanan baterai, performa chipset pada ponsel tentu patut menjadi pertimbangan. Anda bisa berbahagia kalau soal ini. Pasalnya Realme C11 dibekali dengan sokongan chipset berdaya saing tinggi di kelas entry-level, yakni Helio G35.

Helio G35 hadir dengan dukungan 8 buah inti ARM Cortex A53 yang memiliki clock speed hingga 2,3 GHz. Berdasarkan laman TeknoLalat, chipset ini memiliki performa di atas Snapdragon 625, namun masih di bawah Snapdragon 632 dan 636.

Yang jelas, Realme C11 ini performanya jauh lebih kencang ketimbang beberapa HP Samsung Galaxy di segmen harga yang sama seperti Samsung Galaxy A11 dan M11. Soalnya, kedua HP Samsung ini hanya menghadirkan Snapdragon seri 4, performanya berada di bawah Helio G35.

Pada sebuah video pengujian, Realme C11 terlihat cukup mampu memainkan game seperti PUBG Mobile pada pengaturan Balance dan Medium.

Dari segi performa saat permainan berlangsung, terlihat bahwa game masih mampu dijalankan. Hanya saja, Anda mungkin akan merasakan frame rate agak jatuh di bawah 30 FPS. Fungsi gyro pun masih berfungsi sebagaimana mestinya pada game ini. Cukup baik untuk seukuran ponsel sejutaan, bukan?

4. Hadir dengan 3-Card Slot

triple slot realme c11 hingga 256 gb

Apakah Anda memiliki kartu SIM kedua? Ingin sekaligus memasangkan kartu memori eksternal di waktu yang sama? Jangan khawatir, Realme C11 sudah hadir dengan dukungan triple slot.

Memori eksternal memang selalu jadi daya tarik tersendiri, terutama pada ponsel di segmen harga murah. Namun terkadang, beberapa HP hanya menyediakan hybrid slot. Inilah mengapa Realme C11 cukup unggul di sektor ini, karena Anda tetap bisa memasangkan microSD hingga 256 GB tanpa mencabut kartu SIM.

5. Fitur Face Unlockface unlock realme c11

Untuk Anda yang ingin data pribadi terjaga dengan aman, sudah ada fitur Face Unlock yang bisa membuka kunci layar dengan instan. Pasalnya, pembukaan kunci menggunakan pola ataupun PIN sudah ketinggalan zaman.

Siapapun yang tahu PIN kita akan mampu membuka ponsel kita dengan mudah. Nah, berkat kemampuan software serta kamera selfie pada Realme C11, fitur Face Unlock dapat memberikan rasa aman yang lebih.

6. Desain Bodi Kece

desain bodi realme c11

Karena tampilan tak kalah penting, Realme C11 juga dibekali dengan desain bodi yang kece, lho! Hadir dengan dua varian warna, yakni Mint Green (hijau) dan Pepper Grey (abu-abu), Realme C11 cukup terlihat aesthetic dengan pilihan warna yang cukup soft.

Pada bagian belakangnya ini Anda akan merasakan material build dari plastik yang cukup kokoh. Di samping bodi, terdapat sentuhan matte finish yang membuatnya nyaman digenggam. Modul kamera belakangnya tidak begitu menonjol sehingga Anda bisa meletakkan ponsel pada meja atau permukaan apapun dengan aman.

7. Hasil Foto Dual Camera Cukup Oke

dual camera realme c11

Salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan pada ponsel adalah berfoto ria. Untung saja, Realme C11 hadir dengan dual camera yang mampu menampilkan hasil foto yang lumayan bagus.

Modul kameranya merupakan persegi 4 x 4 dengan tambahan Flash. Selain itu, lensa utama dari Realme C11 mempunyai resolusi 13 MP, sementara lensa satunya lagi merupakan sensor kedalaman berkekuatan 2 MP.

Di bagian depan, terdapat lensa beresolusikan 5 MP. Kamera belakang dan depan ini sama-sama mampu mengambil video pada resolusi 1080p dengan 30 FPS.

Anda bisa mengambil foto bokeh pada mode potret, dan juga mengambil video slow motion. Ada juga fitur mode malam yang dinamakan Super Nightscape Mode untuk menjaga detil agar tetap terjaga saat kondisi minim pencahayaan. Berikut adalah beberapa hasil fotonya.

realme c11 nightscape

Realme C11 Nightscape mode. * sumber: www.youtube.com

realme c11 c3 photo comparison

Perbandingan Realme C11 dan C3. * sumber: www.youtube.com

realme c11 hasil foto

Realme C11 luar ruangan. * sumber: www.youtube.com

Jika Anda memerhatikan foto kedua di atas, terlihat bahwa Realme C11 lebih mampu memberikan hasil dengan warna yang baik ketimbang C3. Pada foto C3, warnanya terlihat agak belel atau washed out. Contoh foto Nightscape di atas juga menunjukkan bahwa objek foto masih mendapatkan exposure yang baik, beberapa area yang tidak terjangkau cahaya juga masih jelas terlihat.

Memang beberapa detilnya tidak begitu tajam, tapi ponsel seharga 1 jutaan yang sudah mampu menawarkan mode malam dengan cukup baik sungguh layak diapresiasi.

Kekurangan Realme C11

Rupanya Realme C11 masih menawarkan berbagai kelebihan yang menarik. Tapi bagaimana pun tetap saja HP dengan banderol harga terjangkau memiliki beberapa kekurangan, seperti yang di bawah ini.

1. Kapasitas Memori Internal dan RAM Kecil

realme c11 (2)

Realme C11 dengan banderol harganya yang murah memang masih menawarkan beberapa keunggulan, namun sayangnya Anda tidak dapat menginstal terlalu banyak aplikasi pada ponsel ini. Ya, Realme C11 hanya disertai dengan memori internal berkapasitas 32 GB yang berjalan pada teknologi eMMC 5.1. Sedangkan, kapasitas RAM-nya pun hanya hadir dengan varian 2 GB dan 3 GB saja.

Setidaknya HP ini masih dibekali dukungan memori eksternal, sehingga Anda pun bisa menyimpan banyak file tanpa kendala. Tapi kalau soal aplikasi, Anda mungkin hanya bisa instal aplikasi yang benar-benar hanya dibutuhkan saja.

2. Tidak Tersedia Fingerprint Scanner

realme c11

Telah disebutkan tadi bahwa Realme C11 hadir dengan teknologi Face Unlock menggunakan lensa kamera depan. Kendati demikian, ponsel Realme dari seri C ini tidak dibekali dengan kemampuan pemindai sidik jari.

Absennya fitur ini cukup menjadi tanda tanya. Sebab, pemindai sidik jari adalah fitur yang sudah sangat marak di tahun perilisan HP ini. Bahkan beberapa ponsel dari ranah harga murah pun sudah banyak dibekali dengan sensor sidik jari, entah itu di belakang ataupun di samping.

3. Masih Menggunakan Micro USB

realme c11 (3)

Berbagai macam ponsel di pasaran kini sudah menggunakan USB tipe-C. Selain karena lebih mudah mencolokkan kabel casan, konektor ini juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Namun untuk HP yang berada di segmen harga 1 jutaan seperti Realme C11, konektor yang umum dipakai hanyalah microUSB. Selain itu, dukungan port microUSB ini juga tidak menghadirkan fitur fast charging sehingga ponsel hanya bisa dicas sampai penuh dalam waktu sekitar 3 jam.

Simpulan

Realme C11 adalah ponsel yang sungguh layak pilih untuk Anda yang ingin bermain game ringan dengan dana terbatas. Yang membuat ponsel ini unik adalah beberapa keunggulannya yang sungguh melampaui batas untuk harga 1 jutaan, seperti kapasitas baterainya yang besar dan layarnya yang lumayan lega.

Chipset dari Realme C11 juga cukup unggul di kelasnya, mengalahkan Samsung Galaxy M11 dan A11 yang harganya lebih mahal. Jika Anda ingin membelikan HP pertama untuk anak, Realme C11 sungguh pilihan yang cocok. Klik pada link ini untuk membawa pulang ponsel ini dengan harga Rp1.499.000,- untuk varian 2 GB, dan Rp1.599.000,- untuk varian 3 GB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.