Rekomendasi Smartphone 5G Harga Termurah Mulai Rp3 Jutaan     

Jakarta, Riderducoin com – Telkomsel bersiap meluncurkan jaringan 5G, artinya kecepatan akses internet, bakal ada digengaman kita itu pun jika Anda sudah perangkat yang sudah mendukung 5G.

Nah, bagi Anda yang belum memilikinya simak berikut rekomendasi smartphone 5G yang kini sudah beredar di pasaran.

Vivo V21 5G

Salah satu rekomendasinya ialah Vivo V21 5G, perangkat ini baru saja meluncur ke pasaran dan sudah mendukung 5G. Kemudian secara kemampuan, perangkat sama seperti V60 series masih tetap menonjolkan sisi keunggulan kamera dengan mengandalkan Dual Optical Image Stabilization (OIS) Night Camera dan ultra slim matte design.

Baca juga: Tantangan Layanan 5G Masih Panjang, Telkomsel: Harga Akan Lebih Affordable

Perangkat ini ditenagai OIS yang akan menangkap foto dan video dengan hasil stabil dan jernih. V21 5G, seri ini didukung kamera tiga kamera utama yakni 64MP, 8MP multi-mode yang digunakan untuk memotret super wide-angle dan bokeh, serta kamera makro 2MP.

Sementara kamera selfie V21 5G dibekali lensa 44MP. Kedua kamera baik depan maupun belakang sudah didukung teknologi OIS dan EIS (electronic image stabilization).

Kemudian V21 5G didukung Funtouch OS 11.1 berbasis Android 11 dengan fitur Jovi Home yang mendukung aktivitas, UFS 2.2 untuk peforma baca dan tulis data yang lebih cepat.

Pada sisi baterai perangkat ini dibekali 4.000 mAh dan fast charging 33 W. Fitur lainnya yang dihadirkan adalah jaringan 5G, hybrid dual SIM, slot Micro SD tambahan yang menggunakan satu slot SIM, USB-C, sensor fingerprint dalam layar.

Ponsel ini hadir dengan varian warna Dusk Blue dan Sunset Dazzle. Harga Vivo V21 5G di Indonesia adalah Rp5.799.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB, pre-order mulai tersedia pada 24-29 Mei 2021 di Tokopedia.

Oppo Reno5 5G

Rekomendasi Oppo Reno5 5G juga bisa menjadi pilihan. Selain disokong RAM besar 8GB, seperti varian Reno lainnya, Oppo Reno5 5G juga mengungguli sektor kamera.

Ponsel pintar itu memboyong konfigurasi Quad Camera yang tersusun atas 64MP kamera utama, 8MP Ultrawide angle, 2MP lensa makro dan 2MP lensa mono. Pada bagian depan, terdapat lensa tunggal berkekuatan 32MP.

Tersamat juga fitur menarik dibalik kameranya, yakni fitur AI Highlight Video. Ada juga fitur populer Dual-view Video yang memungkinkan video ditangkap dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Baca juga: Layanan 5G Semakin Dekat, Perluasan Jaringan dan Ketersediaan Frekuensi Masih Menghadang

Soal videografi, terdapat fitur AI Scene Enhancement, Ultra-Clear 108MP Image, Ultra Night Selfie Mode, Ultra Dark Mode, Night Flare Potrait, hingga AI Beautifications.

Smartphone yang tersedia dalam pilihan warna Starry Black dan Galactic Silver ini, masing-masing memiliki tekstur dan bobot yang berbeda. Varian warna Galatic Silver lebih berat 180gram, dibandingkan dengan varian starry black yang berbobot 172gram.

Kendati memiliki bobot yang tak sama, keduanya membawa layar AMOLED 90Hz 6,4 inci dengan resolusi FHD+ (2400×1080) yang tajam dan kecepatan refresh rate 90Hz.

Spesifikasi lain dari smartphone ini yaitu Reno5 5G mengemas baterai 4300mAh yang didukung dengan pengisian cepat 65W SuperVOOC 2.0, sehingga hanya butuh waktu sekitar 35 menit untuk mengisi daya Reno5 5G hingga 100%.

Dengan mengusung prosesor fabrikasi 7nm Qualcomm Snapdragon 765G 5G, gawai ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128GB.

Selain itu, perangkat ini yang dibandrol sekitrar Rp6.999.000 juga telah menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, dan dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 5, NFC, 3,5mm Headphone jack, Bluetooth 5.1, serta USB Type C.

Xiaomi Mi 10T Pro

Seri Mi 10T juga hadir dengan 5G, dan usung chipset Snapdragon 865 dengan dukungan LPDDR5 dan UFS 3.1 untuk kerja RAM dan penyimpanan yang menghasilkan performa kencang. Satu lagi keunggulan dari seri Mi 10T adalah layar dengan tingkat refresh rate terbaik di industri untuk menghasilkan tampilan yang mulus dan lancar.

Baca juga: Terima SKLO, Telkomsel Akan Gelar Jaringan 5G Serentak 27 Mei 2021

Untuk menghasilkan tampilan yang memanjakan pandangan pengguna, Xiaomi memperkenalkan AdaptiveSync Technology yang bisa mengatur tingkat refresh rate dalam tujuh tahap yakni 144Hz, 120Hz, 90Hz, 60Hz, 50Hz, 48Hz, dan 30Hz. Dengan teknologi ini, layar dari Mi 10T bisa menyesuaikan tingkat refresh rate dengan tingkat frame rate dari konten di layar yang diukur dengan frame per detik (fps).

Solusi yang dihadirkan AdaptiveSync Technology adalah memastikan konten yang memiliki frame rate tertentu bisa ditampilkan dengan angka refresh rate yang sesuai oleh layar agar terlihat halus bagi mata pengguna. Selama ini, ketidak sinkronan antara layar saat menampilkan frame demi frame gambar dari asal konten yang menyebabkan jeda pada layar atau jitter.

Samsung Galaxy A32 5G

Ponsel ini mendukung jaringan 5G yang menawarkan koneksi kencang, menariknya ponsel ini cukup dibandrol terjangkau yaitu mulai sekitar Rp3.599.000.

Secara tampilan tidak ada perbedaan antara Galaxy A32 yang beberapa bulan lalu dihadirkan Samsung. Namun Galaxy A32 5G cuma memiliki dua varian warna, yaitu Awesome Black dan Awesome White.

Perbedaan lainnya, dimensi Galaxy A32 5G sedikit lebih besar, yakni 164.2 x 76.1 x 9.1 mm dengan bobot 205 gram. Ini dikarenakan bentangan layarnya 6,5 inch, selisih dikit dari Galaxy A32 yang punya layar 6,4 inch.

Baca juga: Siap Gelar 5G, Telkomsel Perluas Layanan VoLTE ke 230 Kota

Kemudian Galaxy A32 mempergunakan layar TFT pada HP 5G ini. Resolusi ponsel ini HD+ dan menggunakan notch Infinitity V yang menjadi rumah bagi kamera 13 MP.

Kemudian disektor kamera, tertanam empat kamera. Komposisinya terdiri dari kamera utama 48 MP bersanding dengan lensa ultrawide 8 MP, makro 5 MP dan depth 2 MP.

Dan yang juga cukup menarik, untuk mendukung kinerja perangkat ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 720 yang dipadukan dengan RAM 8GB. Samsung mengklaim performa HP ini cepat, didukung fitur Game Booster untuk memaksimalkan pengalaman bermain berbagai game lebih lancar.

Ruang penyimpanan internal yang ditawarkan HP ini berkapasitas 128 GB. Kalau sekiranya kurang, Samsung memberikan slot microSD yang mendukung hingga 1 TB. Samsung juga turut menyematkan baterai berkapasitas jumbo, yaitu 5.000 mAh. Agar dapat terisi penuh dalam waktu cepat diberikan dukungan fast charging 15W.