Real Madrid Kalahkan Barcelona Dalam Duel Klasik

Salah satu laga terpanas di dunia, El Clásico yang mempertemukan dua raksasa Spanyol Real Madrid dan Barcelona telah usai (24/10). Laga yang dihelat di kandang Barcelona, Camp Nou, dimenangkan oleh tim tamu dengan skor 3-1.

Laga berlangsung dengan tensi tinggi sejak awal, khas pertandingan klasik antar kedua tim. Gol pembuka dicetak oleh gelandang muda Real Madrid asal Uruguay, Fede Valverde pada menit ‘5. Valverde melesakkan gol setelah menerima umpan dari Karim Benzema.

Wonderkid Barcelona, Ansu Fati tidak mau kalah, 3 menit berselang, Ansu Fati menyamakan kedudukan untuk tuan rumah. Kerja sama antara Lionel Messi dan Jordi Alba berhasil dituntaskan oleh Ansu Fati menjadi gol.

Jual beli serangan terus terjadi sepanjang babak pertama, peluang Lionel Messi setelah menerima umpan dari Ansu Fati dapat dimentahkan oleh Thibaut Courtois. Messi beberapa kali merepotkan barisan pertahanan tim tamu, tetapi dapat diantisipasi oleh pemain bertahan Real Madrid.

Peluang Real Madrid oleh Benzema juga digagalkan oleh Neto. Tendangan striker asal Prancis tersebut mengarah lurus ke arah kiper.

Skor imbang bertahan hingga turun minum. Babak kedua, tuan rumah kembali mengancam gawang tim tamu. Ansu Fati berkali-kali menciptakan peluang. Di menit 55, Coutinho gagal memanfaatkan umpan Ansu Fati dari sisi kanan, sundulannya masih melebar.

Menit ’63. Kapten Real Madrid, Sergio Ramos berhasil menambah kedudukan melalui titik penalti. Tendangan penalti diberikan setelah Clément Lenglet menarik jersey Sergio Ramos di kotak penalti.

Awalnya, wasit tidak langsung memberikan penalti, tetapi setelah mengecek melalui VAR, akhirnya wasit menunjukkan titik putih karena menganggap Clément Lenglet melakukan pelanggaran terhadap Sergio Ramos.

Sayap kanan Real Madrid, Lucas Vázquez bermain cukup baik di sisi kanan Real Madrid. Lucas Vázquez bermain sebagai bek kanan menggantikan Nacho di babak pertama, dirinya bermain sebagai bek kanan karena Real Madrid tidak memiliki bek kanan murni lainnya di bangku cadangan.

Lucas Vázquez kerap membuat peluang dari sisi kiri pertahanan Barcelona. Peluang Sergio Ramos dari umpan Lucas Vázquez dapat dimentahkan oleh Neto.

Real Madrid mengunci kemenangan lewat gol Luka Modric di menit ’90. Neto maju untuk menggagalkan usaha Vinicius, bola rebound diambil oleh Rodrygo, dan diberikan kepada Luka Modric. Dengan tenang Modric mengecoh Neto dan melesakkan tendangan ke gawang yang berbuah gol.

Beberapa Rekor Tercipta

Ada beberapa rekor baru yang tercipta dalam laga ini. Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda di El Clásico di umur 19 tahun 359 hari. Tidak hanya itu, gol yang dicetak oleh Ansu Fati juga menjadi gol ke 400 Barcelona dalam sejarah El Clásico.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane juga memperpanjang rekor tidak terkalahkan melawan Barcelona di Camp Nou menjadi 6 laga (3 menang, 3 seri). Zidane melakukannya dalam dua periode kepelatihannya di Real Madrid.

Rekor juga ditorehkan oleh pencetak gol pembuka laga, Federico Valverde menjadi pemain asal Uruguay pertama yang mencetak gol di El Clásico bagi Real Madrid. Di sisi Barcelona, rekrutan yang baru dibeli musim ini, Sergino Dest, menjadi pemain Amerika Serikat pertama yang bermain di El Clásico.

Berkat golnya ke gawang Barcelona, Sergio Ramos menyamai rekor Ronald Koeman, sebagai bek dengan gol terbanyak di El Clásico dengan 5 gol. Sergio Ramos juga bergabung bersama Paco Gento dan Raul Gonzalez menjadi pemain Real Madrid dengan penampilan terbanyak (31) di El Clásico.

Dalam laga ini, Karim Benzema  mengukir 250 kemenangan di La Liga. Luka Modric juga mencatat pertandingan ke 350 bersama Real Madrid, sekaligus mencatatkan gol pertamanya di El Clásico.

Ini adalah El Clásico perdana Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona. Dirinya menggantikan Quique Setién yang dipecat musim lalu. Laga El Clásico perdana Ronald Koeman berakhir dengan kekalahan.

Sebelum saling bertemu, kedua tim sedang tidak menunjukkan performa bagus di liga. Real Madrid kalah dari tim promosi Cadiz dengan skor 1-0 di kandang. Tidak hanya itu, dalam laga Liga Champion hari Kamis lalu, Real Madrid ditekuk Shahktar Donetsk 2-3 juga di kandang.

Barcelona juga mengalami kekalahan minggu lalu. Barcelona dikalahkang 1-0 oleh tuan rumah Getafe. Hasil bagus didapatkan Barcelona di ajang Liga Champion. Berbeda dengan Real Madrid, Barcelona sukses membantai Ferencváros dengan skor 5-1.

Susunan Pemain

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Sergino Dest, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba (Braithwaite 87); Sergio Busquets (Dembele 82), Frenkie de Jong; Pedri (Trincao 82), Philippe Coutinho, Ansu Fati (Griezmann 82); Lionel Messi

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Nacho, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde (Modric 69), Casemiro, Toni Kroos; Marco Asensio (Rodrygo 80), Karim Benzema, Vinicius Junior