Pasca Pensiun, Lin Dan Merambah ke Dunia Hiburan

Berita Badminton : Didefinisikan sebagai variety show olahraga oleh Hunan Satellite TV, “Sports Boys” disiarkan pada 11 Juli 2020. Lin Dan, yang mengumumkan pengunduran dirinya 7 hari yang lalu, tidak menghilang dari pandangan publik, tetapi muncul di acara itu sebagai salah satu dari tiga pemimpin olahraga.

Masuk ke industri hiburan? Menginjakkan kaki di bisnis? Tidak peduli bagaimana dunia luar menebak, orang-orang harus secara bertahap terbiasa untuk menghilangkan label atlet, Lin Dan, dan pada saat yang sama perlahan beradaptasi dengan tim bulu tangkis Cina tanpa Lin Dan.

Melihat kembali sepuluh tahun terakhir, jalur karier Lin Dan adalah lambang dari perubahan kekuatan keseluruhan tim bulu tangkis China.

Mengambil siklus Olimpiade sebagai contoh, Lin Dan memenangkan kejuaraan tunggal putra Olimpiade pertamanya pada tahun 2008. Tim bulu tangkis China memenangkan emas dalam tiga kategori yakni tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri di Olimpiade ini, memenangkan 3 emas, 2 perak, dan 3 perunggu dengan total 8 medali.

Empat tahun kemudian pada 2012, Lin Dan berhasil mempertahankan gelarnya di London. Sejak bulu tangkis menjadi cabang olahraga resmi Olimpiade pada tahun 1992, Lin Dan merupakan juara Olimpiade pertama dalam sejarah yang berhasil mempertahankan gelar.

Di London, tim bulu tangkis China memenangkan lima medali emas di ajang bulu tangkis Olimpiade, dan total 5 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Apakah itu kinerjanya berpengaruh, faktanya tim bulu tangkis China telah mencapai puncak sejarah bersama Lin Dan.

Selang empat tahun di Olimpiade Rio 2016, “Pertempuran Lee Chong Wei-Lin Dan terjadi, di semifinal tunggal putra. Lin Dan, hampir sempurna dalam teknologi dan pengalaman, tetapi kondisi fisiknya telah melewati puncaknya hingga akhirnya harus kalah kalah 20-22 dalam pertandingan yang menentukan.

Meskipun kali ini Lin Dan gagal menyumbang medali setelah kalah dari Victor Axelsen di perebutan tempat ketiga, namun tim bulu tangkis China masih keluar sebagai juara umum dengan 2 medali emas dan 1 perunggu.

Artikel Tag: lin dan, lee chong wei, Pensiun

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.