Marquez Bakal Absen, Peluang Emas Bagi Rider Lain Rebut Gelar Juara

Berita MotoGP: Valentino Rossi yakin bahwa cedera patah tulang lengan kanan yang dialami Marc Marquez di MotoGP Spanyol, Minggu (19/7) bakal menjadi peluang besar pebalap lain untuk merebut titel juara dunia MotoGP 2020.

Marc Marquez sejatinya masih diunggulkan jadi favorit juara di MotoGP musim ini. Namun akibat kecelakaan yang ia alami pada balapan perdana di Sirkuit Jerez, ia dilarikan ke Medical Center, dan sang 8 kali juara dunia itu dinyatakan mengalami patah tulang humerus kanan dan harus dioperasi pada Selasa (21/7).

Cedera Marquez ini ternyata cukup serius. Dr. Xavier Mir sebagai Spesialis Traumatologi MotoGP bahkan khawatir ia akan mengalami kelumpuhan saraf radial,

Begitu pula dr. Angel Charte sebagai Direktur Medis MotoGP memprediksi Marquez takkan balapan di Jerez akhir pekan nanti, begitu juga balapan di Ceko dan Austria.

Sementara itu, Valentino Rossi juga turut berharap Marquez tak sampai mengalami kondisi buruk dan lekas sembuh dari cedera tersebut. Rossi pun juga melihat absennya Marquez ini bisa menjadi peluang bagi pebalap lain separti Fabio Quartararo maupun Maverick Vinales.

“Saya rasa apa yang kita lihat dalam uji coba juga apa yang kita lihat dalam balapan; saat ini Marc, Fabio, dan Maverick adalah yang tercepat. Mereka berkendara lebih baik dan level performa mereka ada di level yang tak terjangkau,” tutur Rossi kepada Crash.net.

“Kini semua tergantung situasi. Kami harus memahami apa yang telah terjadi pada Marc, berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk pulih, karena musim ini sangat pendek dan banyak balapan yang digelar secara beruntun,” lanjutnya.

Menurutnya, bukan hanya Quartararo dan Vinales yang punya peluang tersebut, ada juga rider Ducati Team, Andrea Dovizioso, yang dalam balapan ini finis ketiga di belakang keduanya, dan merupakan rival terberat Marquez selama tiga musim terakhir.

“Ini bisa jadi kesempatan baik untuk Fabio dan Maverick. Tapi saya takkan melupakan Dovi, karena setiap balapan punya cerita berbeda dan musim ini ada banyak trek yang sangat bersahabat dengan Ducati,” pungkas The Doctor.

Sementara balapan selanjutnya masih akan dihelat di Sirkuit Jerez dalam gelaran GP Andalusia pada 24-26 Juli mendatang.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Marc Marquez, Fabio Quartararo