Mandul Kontra Burnley, Peluang Mohamed Salah Raih Sepatu Emas Makin Tipis

Berita Liga Inggris: Hasil imbang 1-1 yang diraih oleh Liverpool dalam laga kontra Burnley pada hari Sabtu (11/7) waktu setempat membawa kekecewaan tersendiri bagi Mohammed Salah.

Dalam laga yang digelar di Anfield tersebut Liverpool seharusnya layak membawa pulang poin penuh mengingat skuad asuhan Jurgen Klopp sangat menguasai jalannya pertandingan dari segala aspek. Hasil ini menjadi yang pertama kalinya bagi Liverpool gagal membawa poin penuh di saat mereka menguasai jalannya pertandingan.

Jalannya pertandingan tersebut berbeda dengan apa yang terjadi pada saat Liverpool hanya bermain imbang saat bertamu ke Old Trafford dan Goodison Park maupun saat Liverpool takluk dalam laga kontra Watford dan Manchester City.

Dalam laga-laga tersebut Liverpool dapat dikatakan layak untuk tidak membawa poin penuh dikarenakan tidak mampu tampil maksimal dan gagal menguasai jalannya pertandingan.

Di laga kontra Burnley, Liverpool berhasil mencatatkan 48 sentuhan di area kotak penalti Burnley berbanding terbalik dengan Burnley hanya mampu mencatatkan 9 sentuhan di area kotak penalti The Reds.

Ditinjau dari aspek lain, Liverpool menorehkan 25 umpan sukses di wilayah kotak penalti Burnley berbanding terbalik dengan Burnley yang hanya mampu menghasilkan 3 umpan sukses di area kotak penalti Liverpool. Liverpool pun juga menguasai pertandingan jika dilihat dari aspek penguasaan bola.

Tercatat, skuad Jurgen Klopp berhasil meraih 75% berbanding 25% penguasaan bola yang mampu diciptakan Burnley. Liverpool pun berhasil menciptakan 24 peluang dengan 9 tendangan mengarah ke gawang sementara kubu lawan hanya mampu melesatkan 5 peluang dengan 2 tendangan yang mengarah ke gawang.

Torehan statistik tersebut tentu merupakan bukti superioritas Liverpool dalam laga tersebut sehingga kubu The Reds semestinya mampu pulang membawa poin penuh.

Tetapi, yang terjadi di laga tersebut, Liverpool hanya mampu menorehkan satu gol yang dihasilkan melalui sundulan Andy Robertson di menit ke-34 memanfaatkan umpan yang diberikan oleh Fabinho. Gol tersebut menjadi catatan tersendiri bagi kedua pemain tersebut.

Dengan gol tersebut, Fabinho dan Robertson masing-masing telah terlibat langsung dalam 3 gol yang dihasilkan Liverpool sejak kompetisi Premier League kembali bergulir. Hanya Mohammed Salah yang mengungguli catatan kedua pemain tersebut dengan terlibat langsung dalam 6 gol.

Laga kontra Burnley tersebut tidak hanya menambah catatan positif bagi Robertson dan Fabinho namun juga menyisakan catatan tersendiri bagi Salah. Kegagalan Salah menciptakan gol di laga tersebut membuat peluangnya untuk meraih penghargaan Sepatu Emas untuk ketiga kalinya secara beruntun menipis. Sebab, pasca laga tersebut catatan gol Salah di Premier League musim ini masih terhenti di angka 19.

Selain disebabkan oleh kegagalannya mencetak gol di laga kontra Burnley, peluang Salah untuk meraih Sepatu Emas musim ini juga semakin dipersulit dengan Jamie Vardy yang berhasil menambah pundi-pundi golnya pada saat Leicester City takluk dengan skor 1-4 di laga kontra Bournemouth. Dengan tambahan satu golnya, kini Vardy telah mengoleksi 23 gol dan sementara ini menjadi pemuncak daftar pencetak gol terbanyak di Premier League musim ini.

Kondisi tersebut tentu semakin menipiskan peluang Salah untuk mampu membawa peluang sepatu emas musim ini dikarenakan masih terpaut 4 gol dari Vardy hanya dengan 3 laga yang tersisa dengan 2 laga berat yang menanti yakni laga kontra Arsenal dan Chelsea.

Salah nampaknya, di laga kontra Burnley, sedang tidak dihampiri oleh keberuntungan, mengingat sang pemain mencatatkan 6 buah peluang namun tidak ada satupun peluang yang mampu dikonversikan menjadi gol.

Sebelumnya, di laga kontra Brighton, Salah mampu mencetak 2 gol dari 8 tendangan yang ia lesatkan di laga tersebut. Berarti, total dalam dua laga terakhir Salah terhitung telah menghasilkan 14 peluang dan ini menjadi yang pertama baginya di musim ini.

Di laga kontra Burnley kemarin, Salah pun juga sukses mencatatkan 4 tendangan ke arah gawang. Catatan tersebut menyamai statistik yang dihasilkan oleh 9 tim lainnya di laga akhir pekan kemarin, termasuk Arsenal dan Chelsea. 

Meskipun peluang Salah untuk meraih sepatu emas menipis dan Premier League tinggal menyisakan 3 laga lagi untuk dipertandingkan, melihat agresivitas Salah dalam menciptakan peluang, bukan tidak mungkin ia mampu menambah raihan golnya di sisa musim ini dan menjadi pemegang sepatu emas untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Jika hal itu terwujud, maka Salah telah sejajar dengan Thierry Henry dan Alan Shearer sebagai pemain yang mampu meraih setidak tiga sepatu emas secara beruntun.

Artikel Tag: Liverpool, Premier League, Mohammed Salah

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.