Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 7 Berikut!

Semakin ke sini, nampaknya Anda akan mulai menemukan ponsel-ponsel 5G yang semakin terjangkau. Sebelumnya sudah ada Realme X50 Pro 5G, dan kini Huawei pun turut merilis Huawei Nova 7 seharga Rp 6.899.000,-. Ponsel ini sudah bisa dipesan dari tanggal 15 Juli 2020.

Huawei Nova 7 berada di rentang harga yang berbeda jika dibandingkan dengan Nova 5T yang merupakan generasi pendahulunya. Apakah Anda penasaran peningkatan apa saja yang dibawa ponsel ini? Yuk baca kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 7 berikut ini!

Spesifikasi Huawei Nova 7

Huawei nova 7 5G

  • Layar: OLED, 6.53 inches
  • Chipset: Kirin 985 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (1×2.58 GHz Cortex-A76 & 3×2.40 GHz Cortex-A76 & 4×1.84 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G77 (8-core)
  • RAM: 8 GB RAM
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal:
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Huawei Nova 7

Walau bukan ponsel semewah P40 Series atau yang sebangsanya, Huawei Nova 7 tetap menawarkan luxury berkat fitur-fitur dan spesifikasi yang dibawanya. Simak beberapa poin kelebihan Huawei Nova 7 berikut ini.

1. Layar OLED Full HD+ yang Memukau

layar huawei nova 7

Layar yang dimiliki Huawei Nova 7 bukan isapan jempol belaka. Ponsel mid-range ini sudah menghadirkan panel layar OLED berukuran 6,53 inci dengan resolusi FullHD+, atau lebih spesifiknya yakni 2400 x 1080 piksel.

Desain punch-hole kamera depan yang dimilikinya juga sungguh membuat Huawei Nova 7 terlihat kekinian. Anda dijamin bisa menonton dengan pengalaman yang minim distraksi berkat bezelnya yang tipis serta lubang kameranya yang kecil.

Tidak hanya terhindarkan dari distraksi, Huawei juga menjamin kenyamanan mata Anda saat menatap layar lama-lama karena sudah tersertifikasi TÜV Rheinland. Color Gamutnya yang lebar (DCI P3) juga membuat layar mampu menampilkan reproduksi warna yang memukau.

2. Chipset Sungguh Bertenaga

chipset huawei nova 7

Ingin tahu apakah Huawei Nova 7 cocok dipakai bermain game? Jawabannya tentu saja cocok. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Kirin 985 dengan GPU Mali G77. Di dalamnya juga sudah terdapat modem terintegrasi yang mendukung konektivitas 5G.

Nah, kalau Anda penasaran dengan performanya, ketahui dulu angka yang berhasil diraih saat pengetesan benchmark menggunakan AnTuTu. Menurut video dari Kepoin Tekno, Huawei Nova 7 ini sudah mampu meraih skor AnTuTu 8 sebesar 323.430. Ini baru mode biasa – saat dites menggunakan Performance Mode, laman JagatReview mencatat adanya peningkatan signifikan menjadi 422.626.

Masih dilansir dari Kepoin Tekno, Huawei Nova 7 juga terbukti ampuh saat dipakai bermain game berat seperti PUBG Mobile sekalipun. Tidak main-main, pengaturan grafisnya bisa diatur sampai HDR dan Ultra.

Di saat permainan berlangsung Anda pun sungguh dapat melihat tampilan grafis memukau tanpa adanya lag sedikitpun. Jadi kalau Anda memang mengekspektasikan performa gaming yang mumpuniHuawei Nova 7 lah jawabannya.

3. Kapasitas Internal dan RAM yang Luas

memori internal dan ram huawei nova 7

Selain menghadirkan performa yang gaming-friendly, Huawei Nova 7 juga sangat cocok dipakai untuk menampung semua file koleksi film ataupun ribuan foto beresolusi tinggi. Hal ini berkat kehadiran memori internalnya yang sebesar 128 GB dan 256 GB serta mengusung teknologi UFS 3.0.

Nikmati kemudahan menginstal banyak aplikasi tanpa terkendala peringatan low storage. Diimbangi dengan RAM 8 GB, Anda pun bisa membuka banyak aplikasi di waktu yang sama tanpa membuat ponsel lemot. Aktivitas multitasking pun terlaksana dengan nyaman.

4. Kualitas AI Quad Camera Kelas Atas

ai quad camera huawei nova 7

Jangan biarkan rasa mati gaya mengganggu keseharian Anda – sudah ada AI Quad Camera-nya Huawei Nova 7 yang mampu menunjang energi kreatif muda-mudi. Mengabadikan momen lewat foto-foto jernih dan berestetika adalah salah satu keunggulannya ponsel canggih ini.

Sekadar informasi, AI Quad Camera yang dimilikinya masing-masing beresolusi 64 MP sebagai kamera utama, lalu ada lensa telefoto 8 MP yang mampu melakukan lossless zoom 3 kali, lensa 8 MP ultra lebar, dan terakhir lensa makro 2 MP.

Perekaman videonya pun bisa mencapai resolusi 1080p dan bahkan 4K. Selain itu ada juga fitur slow motion dengan frame rate 960 FPS. Sementara itu, lensa depannya yang beresolusikan 32 MP juga mampu menghadirkan video 4K.

Uniknya lagi, Huawei Nova 7 menghadirkan fitur Dual View supaya Anda bisa merekam menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus secara side-by-side. Penasaran dengan hasil kamera Huawei Nova 7? Carisinyal juga telah menyediakan beberapa sample foto dari beberapa sumber untuk referensi Anda.

hasil kamera huawei nova 7

Huawei Nova 7 camera sample. * sumber: gadget.jagatreview.com

hasil kamera huawei nova 7 gelap

Huawei Nova 7 camera sample (night). * sumber: gadget.jagatreview.com

hasil kamera huawei nova 7 gelap telefoto

Huawei Nova 7 camera sample (telefoto night). * sumber: gadget.jagatreview.com

hasil kamera huawei nova 7 20x zoom

Huawei Nova 7, 20x zoom. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Pq6YiUyPvwY

http://gadget.jagatreview.com/2020/07/review-smartphone-huawei-nova-7/2/

Huawei Nova 7, macro. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Pq6YiUyPvwY

Level of detail yang terjaga dengan baik, rentang dinamisnya yang memukau, kemampuan kamera Huawei Nova 7 bahkan masih layak disandingkan dengan berbagai ponsel di kelas yang lebih atas seperti Huawei P40 series ataupun Samsung Galaxy S20 Ultra.

5. Baterai 4000 mAh yang Sangat Awet

baterai huawei nova 7

Kini saatnya berbicara soal durasi pemakaian ponsel. Huawei Nova 7 berbekal baterai tipe Li-Po dengan kapasitas 4000 mAh, serta sudah dipersiapkan dengan kemampuan SuperCharge 40 W. Besaran watt yang sungguh fantastis, bukan?

Laman JagatReview mengatakan bahwa ponsel sanggup memutar video selama 19 jam 40 menit pada resolusi 1080p. Ketahanan baterai ini juga semakin terbuktikan saat dipakai bermain game. Pemakaian game selama 30 menit hanya mengurangi daya ponsel sebesar 7% saja, saat menggunakan pengaturan Smooth dan Extreme.

Situs resmi Huawei mengklaim bahwa pengecasan selama 30 menit akan mengisi daya hingga sebesar 75%. Sementara itu, laman JagatReview mengatakan bahwa ponsel cukup memakan waktu 1 jam 8 menit saja agar terisi hingga 100%. Performa baterai yang cukup menakjubkan untuk sekelas ponsel mid-range.

6. Ada Fitur NFC

Huawei Nova 7

Di sela-sela kesibukan tentu saja Anda membutuhkan fitur yang praktis, bukan? Sambutan fitur NFC pada Huawei Nova 7 yang bisa memudahkan pengecekan saldo kartu pembayaran digital serta perpindahan data antar perangkat secara instan.

Ini sungguh berguna jika Anda berada di kota besar atau sering bepergian menggunakan jalan tol. Daripada repot-repot mengecek saldo di jalan menggunakan navigasi yang ribet, tinggal tempelkan kartu dan ponsel dapat menampilkan saldo yang tersedia. Praktis, kan?

7. Desain Bodi Belakang yang Unik

huawei nova 7 desain belakang

Tidak perlu jauh-jauh ke gunung untuk menyaksikan indahnya aurora. Belakang bodinya Huawei Nova 7 ini sudah menampilkan permainan cahaya bak hologram yang sungguh cantik dilihat.

Kilauan-kilauan ini akan senantiasa “menari” saat ponsel dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda. Kilauan cahaya yang bergelombang ini berkat proses produksi ikonik CMF 3D. Huawei Nova 7 juga tersedia dalam dua warna yakni Midsummer Purple dan Space Silver.

Kekurangan Huawei Nova 7

Melihat kelebihan dari sebuah ponsel canggih memang menyenangkan. Tapi tunggu dulu, jangan sampai Anda membeli ponsel tanpa tahu kekurangannya. Maka dari itu, kami sudah menyediakan beberapa poin kekurangan Huawei Nova 7 untuk Anda.

1. Tanpa Google Mobile Services

google mobile services huawei nova 7 tanpa

Tidak hadirnya Google Play Services memang agak menghantui pamor Huawei Nova 7 sebagai salah satu ponsel terbaik di kelasnya. Hal ini dikarenakan sebuah isu perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, sehingga merk Huawei masuk daftar hitam dan dilarang menggunakan aplikasi Google manapun dalam produk-produknya yang terbaru.

Itulah mengapa Anda akan melihat logo AppGallery pada bungkus ponselnya. Ya, karena tanpa adanya Google Play, pengguna mau tak mau harus menggunakan berbagai cara lain agar tetap nyaman.

2. Hilangnya 3.5mm Jack Audio Port

huawei nova 7 35mm jack

Banyak sekali alasan yang melatarbelakangi hilangnya 3,5mm jack audio port pada ponsel-ponsel di rentang harga yang cukup mahal. Bisa jadi karena mengikuti tren, atau supaya perusahaan bisa memangkas pengeluaran saat memproduksinya. Yang jelas, sebagian pengguna akan dibuat kecewa oleh Huawei Nova 7 yang tidak menghadirkan port ini.

Untung saja di dalam kotaknya sudah termasuk adapter dan juga headset. Tapi pemakaian adapter ini berarti Anda hanya bisa menggunakan headset saat ponsel tidak sedang dicas. Hal ini sudah cukup menjadi inconvenience bagi sebagian orang.

3. Hanya Memiliki Laju Penyegaran 60 Hz

huawei nova 7

Maraknya laju penyegaran tinggi semakin hari semakin meningkat. Orang-orang sudah banyak yang ingin menyicipi refresh rate sebesar 120 Hz atau setidaknya 90 Hz supaya bermain game dan menonton film lebih immersive. Huawei Nova 7 hanya menghadirkan laju penyegaran yang standar yakni 60 Hz. Padahal Realme Narzo yang jauh lebih murah saja sudah menawarkan refresh rate 90 Hz.

Simpulan

Huawei Nova 7 adalah salah satu ponsel Huawei yang tidak bisa diremehkan, apalagi jika Anda penggemar berat fotografi dan sekaligus pemain game mobile. Fitur Dual View-nya sungguh sesuai dengan kebutuhan anak muda zaman sekarang seperti membuat konten TikTok ataupun nge-vlog.

Sekarang tinggal Anda yang tentukan apakah keseluruhan kelebihannya mampu menjadi kompensasi atas ketidakhadirannya Google Mobile Services. Jika Anda bisa terlepas dari ekosistem Google yang sudah tidak asing lagi, Huawei Nova 7 adalah salah satu ponsel terbaik yang bisa Anda dapatkan. Miliki Huawei Nova 7 sekarang juga melalui link ini.