Guardiola: Bukan Hanya Manchester City Saja yang Boros!

Berita Sepakbola: Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menilai tak adil jika hanya kebijakan transfer The Cityzens saja yang selama ini menjadi sorotan. Sang manajer juga menyebut tim elit lainnya melakukan hal yang sama namun selalu luput dari perhatian.

Bukan rahasia lagi bahwa sejak diakuisisi oleh Abu Dhabi United Group pada 2008 yang lalu, Manchester City langsung menjelma menjadi klub kaya raya baru dan kerap menghabiskan banyak uang di setiap musim untuk mendatangkan sederet bintang top. Investasi besar-besaran City lantas mampu memberikan dampak instan bagi penampilan timnya di atas lapangan yang berujung dengan keberhasilan mereka merengkuh 14 trofi domestik hingga saat ini termasuk lima gelar Premier League.

Namun keberhasilan Man City dalam beberapa tahun terakhir nyatanya kerap mendapatkan kritikan pedas. Tak sedikit pihak yang menyebut keberhasilan City mendominasi sepakbola Inggris hanya karena kucuran dana yang melimpah untuk mendatangkan sederet pemain top ke Etihad Stadium.

Guardiola mengaku tak habis pikir kenapa hanya kebijakan transfer Manchester City saja yang selama ini menjadi sorotan banyak pihak. Padahal beberapa klub elit lainnya juga telah menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain guna mencapai target mereka yakni menjadi juara di liga masing-masing.

“Apakah kami telah menghabiskan lebih banyak uang dalam satu dekade terakhir ketimbang yang kami lakukan di masa lalu? Ya tentu saja,” ujar Guardiola dilansir dari laman resmi Manchester City.

“Tapi beberapa klub lain juga melakukan hal yang serupa. Manchester United dan Arsenal pada periode sebelum ketika mereka memenangkan liga, mereka berinvestasi lebih dari yang lain. Chelsea juga ketika mereka memenangkan liga, mereka menginvestasikan lebih banyak uang daripada yang lain.”

“Semua klub menghabiskan banyak uang. Barcelona, ​​Real Madrid menghabiskan banyak uang, tim-tim Inggris menghabiskan banyak uang.”

“Tapi kami (telah) membangun klub dalam satu dekade terakhir agar bisa bersaing dengan sederet klub elit di Premier League dan Liga Champions – kami juga melakukan investasi berupa fasilitas lainnya seperti tempat untuk latihan.’

“Dan 20 tahun yang lalu, Arsene Wenger juga menghabiskan banyak uang untuk bisa melakukan hal serupa seperti Alex Ferguson di United. Semua klub menghabiskan banyak uang untuk bisa menjadi juara. Semua klub ingin menjadi yang terbaik.”

“Saya membutuhkan klub yang kuat secara finansial untuk melakukan pekerjaan dengan baik.”

“Tentu saja kami pernah melakukan kesalahan [dalam strategi transfer pemain]. Namun kami bisa menghabiskan banyak uang sebanyak yang diinginkan oleh pemilik klub. Tapi tentu saja dengan tetap mematuhi aturan FFP,” pungkasnya.

Artikel Tag: Pep Guardiola, Manchester City, Premier League

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.