Dikalahkan Cadiz, Ronald Koeman Akui Barcelona Alami Kemunduran Luar Biasa

Berita Liga Spanyol: Ronald Koeman menuntut sikap Barcelona yang lebih baik ketika tampil pada laga tandang usai ditundukkan dengan skor 1-2 oleh Cadiz pada laga lanjutan La Liga di Estadio Ramon de Carranza, Minggu (6/12) dini hari tadi WIB.

La Blaugrana melakoni laga ini dengan modal hanya kalah sekali dari delapan pertandingan terakhir di semua ajang, selagi telah mengklaim tiga kemenangan beruntun. 

Namun Cadiz bukan tim sembarangan. Setelah menaklukan Real Madrid dengan skor 1-0 pada bulan Oktober lalu, tim promosi sensasional tersebut berhasil menang lewat gol-gol dari Alvaro Gimenez dan Alvaro Negredo.

Hal itu semakin mengagumkan bagi Si Kapal Selam Kuning karena mereka hanya menguasai 17,9 persen aliran bola. Sebaliknya, catatan ini semakin memalukan bagi Barcelona yang ternyata masih belum menemukan pijakannya di bawah asuhan Ronald Koeman pada musim ini.

Barca melakukan 21 kali percobaan mencetak gol, namun hanya delapan di antaranya yang tepat sasaran, selagi harus menunggu gol bunuh diri dari Pedro Alcala untuk mencatatkan gol.

“Kami tidak boleh kebobolan gol kedua seperti itu,” tekan Koeman kepada Movistar tentang gol dari Negredo yang memanfaatkan kesalahan-kesalahan dari Marc-Andre ter Stegen dan Clement Lenglet.

“Itu sulit menjelaskan apa yang baru terjadi karena kami telah melalui pekan yang menyenangkan. Saya pikir babak pertama tidak berjalan bagus. Kami kehilangan banyak bola. Namun ada peningkatan sedikit pada babak kedua.”

Dengan demikian. Blaugrana telah gagal meraih kemenangan dalam empat laga tandang beruntun di La Liga, dengan tiga di antaranya adalah kekalahan. Ini merupakan rekor yang pertama kalinya terjadi sejak musim 2007/2008 dilam di bawah asuhan Frank Rijkaard.

“Itu adalah kemunduran yang luar biasa di La Liga. Saya sangat kecewa. Ada banyak poin yang terbuang. Jika kami tidak memperbaiki penampilan di laga tandang, maka tidak ada lagi yang bisa dikatakan,” katanya.

“Kami memiliki momen naik dan turun dalam sikap kami, meski pada dasarnya itu bagus, namun ada momen ketika itu tidak berjalan baik. Ketika kami tidak menguasai bola, kami sangat gagal. Ini adalah masalah sikap dari tim secara keseluruhan,” pungkasnya.

Berkat kemenangan ini, Cadiz naik ke urutan kelima klasemen sementara La Liga, selagi Barca terpaku di peringkat ketujuh, tertinggal 12 poin dari Atletico Madrid yang menjadi pemuncak.

Artikel Tag: Ronald Koeman, Barcelona, La Liga, Cadiz