Cara Menyimpan Video Instagram ke Galeri HP dengan Mudah

Instagram adalah salah satu aplikasi berbagi foto dan video yang paling populer di dunia. Menurut Statista, pengguna bulanan Instagram telah mencapai angka satu miliar pada Juni 2018 dan angka itu kemungkinkan terus bertambah seiring pesatnya perkembangan sosial media ini.

Selain menjadi media menyimpan dan berbagi foto, Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi video kepada sesama pengguna Instagram. Hanya saja durasi video yang bisa diunggah ke Instagram cukup terbatas, yaitu hanya 59 detik atau 1 menit di feed dan maksimal 1 jam di IGTV.

Sebagai informasi tambahan, Instagram juga memiliki ketentuan-ketentuan khusus jika penggunanya ingin berbagi video di IGTV. Berikut adalah beberapa persyaratan pengunggahan video untuk IGTV di Instagram yang perlu diketahui jika sewaktu-waktu ingin menggunakan fitur ini.

  • Durasi video minimal yang bisa diunggah untuk IGTV adalah satu menit. Sementara itu, video yang diunggah melalui perangkat seluler maksimal 15 menit dan maksimal 60 menit jika mengunggah dari web.
  • File video yang hendak diunggah harus dalam format file MP4.
  • Pengguna dapat mengunggah video vertikal dengan rasio aspek 9:16 atau video horizontal dengan rasio aspek 16:9.
  • Video harus memiliki frame rate minimal 30 FPS (frame per detik) dan resolusi minimal 720 piksel.
  • Ukuran file maksimal untuk video berdurasi 10 menit atau kurang adalah 650 MB. Ukuran file maksimal untuk video berdurasi hingga 60 menit adalah 3,6 GB.
  • Ukuran foto sampul yang disarankan adalah 420 x 654 px (atau rasio 1:1,55). Namun, foto sampul tidak bisa disunting lagi setelah diunggah.
  • Konten video harus mematuhi Panduan Komunitas Instagram.

Beberapa pengguna Instagram mungkin ada yang secara khusus membagikan video keseharian mereka atau video menarik lainnya di Instagram. Jadi, mau tidak mau pengikut atau follower mereka harus membuka Instagram untuk bisa menyaksikan video-video Instagram idolanya.

Lalu bagaimana jika beberapa pengikut yang karena suatu alasan tidak bisa menyaksikan video-video Instagram idolanya secara online? Mereka masih bisa menontonnya secara offline, kok. Caranya adalah dengan mengunduh video-video tersebut terlebih dulu ke galeri ponsel atau penyimpanan komputer, lalu memutarnya dengan pemutar video yang ada.

Ada dua cara mengunduh video Instagram agar dapat diputar kapan saja tanpa perlu terhubung ke internet. Yang pertama melalui aplikasi seluler yang tersedia di toko aplikasi masing-masing OS (Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS). Lalu yang kedua melalui situs web yang menyediakan jasa unduh video multi platform.

Nah, bagi pengguna Instagram yang ingin mengunduh video-video Instagram agar dapat ditonton secara offline (tidak untuk tujuan lain, seperti diunggah ulang untuk mendapatkan keuntungan) atau pengguna yang kehilangan cadangan file video yang telah diunggah ke Instagram, berikut adalah cara menyimpan video Instagram ke galeri ponsel atau penyimpanan komputer dengan mudah.

Melalui Aplikasi Seluler

Video Downloader - Unduh Video Instagram

Ada banyak aplikasi seluler yang khusus dibuat untuk dapat mengunduh video-video Instagram. Karena Instagram telah digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia, maka pengguna aplikasi-aplikasi semacam ini juga tidak sedikit jumlahnya.

Salah satu aplikasi pengunduh video Instagram yang populer adalah Video Downloader – Unduh Video Instagram. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store dan mendapatkan ratusan ribu ulasan yang rata-rata bagus.

Selain untuk mengunduh, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memposting ulang (repost) gambar dan video Instagram. Selain itu, pengguna juga menyalin tag dari Instagram dengan mudah.

Hanya dengan sekali klik, pengguna bisa langsung mengunduh video Instagram yang ingin mereka simpan atau memposting ulang postingan idola mereka. Berikut adalah cara mengunduh atau me-repost foto atau video Instagram menggunakan Video Downloader – Unduh Video Instagram.

  • Buka Instagram
  • Salin URL postingan yang ingin diunduh (caranya klik menu tiga titik di kanan atas postingan lalu pilih Salin Tautan)
  • Paste URL di Video Downloader – Unduh Video Instagram
  • Kemudian klik ikon unduh atau repost

Perlu diingat bahwa pengguna harus mendapatkan izin dari pemilik jika ingin me-repost foto atau video pengguna Instagram lainnya. Mereka bisa melakukan kontak melalui kolom komentar atau DM ke pemilik postingan untuk menanyakan dan meminta izin repost.

Melalui Situs Web

DreDown

Mengunduh video Instagram juga bisa dilakukan tanpa aplikasi. Caranya adalah dengan mengunjungi situs web yang menawarkan jasa unduh video Instagram. Salah satu situs yang jadi andalan untuk melakukan hal ini adalah DreDown. Karena layanannya gratis, jangan heran jika banyak iklan yang muncul ketika mengunjungi situs ini.

DreDown tidak hanya memungkinkan pengunjungnya untuk dapat mengunduh video Instagram saja, tetapi juga video yang ditayangkan di banyak platform lainnya, seperti Facebook, Twitter, Vine dan YouTube. Berikut adalah langkah-langkah mudah mengunduh video Instagram melalui situs DreDown.

  • Buka Instagram
  • Salin URL postingan yang ingin diunduh (caranya klik menu tiga titik di kanan atas postingan lalu pilih Salin Tautan)
  • Buka peramban lalu kunjungi www.dredown.com
  • Paste tautan ke dalam kotak unduh yang tersedia
  • Klik tombol DreDown untuk mengunduh

Nah, itulah dua cara yang bisa dicoba untuk menyimpan video Instagram ke galeri ponsel atau penyimpanan komputer. Selain aplikasi dan situs di atas, Anda bisa menemukan tips menyimpan video Instagram lainnya di IMLS.net.

Bagi yang ingin mendapatkan banyak informasi menarik tentang aplikasi dan game populer, salah satu tempat untuk menemukannya adalah IMLS.net. Terlebih bagi pecinta permainan-permainan terkenal seperti Mobile Legends, Free Fire dan berbagai game Android, situs ini menyediakan banyak tips dan trik menarik untuk diketahui.