Anis Matta Temui Haedar Nashir: Gelora-Muhammadiyah Perlu Kolaborasi

Riderducoin com – Jajaran elite Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia bertemu dengan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Yogyakarta kemarin. Dalam kunjungannya, Partai Gelora menyampaikan keinginan mereka berkolaborasi dengan Muhammadiyah.

“Banyak titik temu yang sangat bermanfaat untuk bisa kita kolaborasikan di masa-masa yang akan datang. Muhammadiyah lembaga yang gigih dan telah lama mempelopori pendidikan umat dan perjuangan ekonomi umat. Ini yang saya kita tidak dimiliki lembaga lain. Kita perlu berkolaborasi dengan Muhammadiyah,” kata Ketum Partai Gelora Anis Matta dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/11/2020).

Pertemuan elite Partai Gelora dengan Haedar Nashird digelar di Kantor ‘Suara Muhammadiyah’ Yogyakarta. Rombongan Partai Gelora dipimpin langsung oleh sang Ketum Anis Matta. Anis didampingi Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah dan Bendum Achmad Riyaldi.

Anis mengaku telah berteman lama dengan Haedar Nashir. Hubungan mereka terjalin saat sama-sama menjadi anggota Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

“Kami berdua sebelumnya sempat bersama dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah pada era 1980-an,” sebut Anis.

Mantan Presiden PKS itu menilai pertemuan dengan Haedar merupakan kesempatan berharga bagi Partai Gelora. Dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak mendiskusikan arah perjuangan umat Islam.

“Sudah saatnya umat Islam mengubah mindset-nya untuk berpikir dan bertindak sebagai mayoritas yang memimpin, bukan mayoritas yang terpinggirkan,” tegas Anis.

Dalam kesempatan tersebut, Anis juga sempat berdialog dengan mantan Ketum PP Muhammadiyah Syafii Ma’arif melalui sambungan telepon. Saat berdialog dengan Syafii Ma’arif itu, Anis menyampaikan soal pentingnya seluruh umat Islam untuk berkolaborasi dan memperkuat basis politik dan ekonomi.

Seperti diketahui, Partai Gelora telah melakukan sejumlah kunjungan, salah satunya menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Agustus 2020 lalu. Setelah bertemu Jokowi, Partai Gelora menemui Ketua MPR Bambang Soesatyo pada 23 Agustus.

Partai Gelora juga mendapatkan ucapan khusus dari Jokowi atas satu tahun berdirinya mereka. Jokowi berharap Gelora menjadikan Indonesia memiliki kekuatan.

“Semoga Partai Gelora dapat memperjuangkan aspirasi rakyat sebagai kekuatan demokrasi dan menggelombangkan semangat rakyat untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi ke-5 dunia,” ucap Jokowi melalui sebuah tayangan video, Rabu (28/10).

Partai Gelora menyambut baik ucapan selamat dan harapan dari Jokowi. Mereka berharap bisa menjalin persahabatan panjang dengan Jokowi.

“Secara khusus saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah memberikan ucapan selamat ulang tahun yang pertama untuk Partai Gelora,” kata Anis.(dtk)