10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Di saat Apple merilis tablet iPad Pro generasi keempat dengan harganya yang selangit, Samsung pun tidak tinggal diam. Sudah ada seri Galaxy Tab S6 series yang harganya lebih terjangkau. Dan, bagi siapapun yang cukup terpentok budget, ada varian Galaxy Tab S6 Lite yang harganya dimulai dari Rp6.649.000,-.

Tablet ini merupakan jawaban bagi karyawan ataupun mahasiswa yang butuh banyak mencatat tanpa membuat kantong jebol. Tentu saja, varian Lite ini mengalami berbagai pengurangan spesifikasi dibandingkan Galaxy Tab S6 biasa. Kini pertanyaannya apakah tablet ini masih tetap layak diminati? Temukan jawabannya pada daftar kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

  • Layar: TFT, 10.4 inches
  • Chipset: Exynos 9611 (10 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • RAM: 4 GB RAM
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 7040mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Hanya karena ada nama “Lite” di namanya, tidak semata-mata membuat tablet ini jelek. Mari kenali tablet Samsung ini dengan mengetahui berbagai kelebihannya sebagai berikut.

1. Sudah Termasuk S Pen

s pen samsung galaxy tab s6 lite

Samsung telah membuat keputusan yang tepat untuk menghadirkan stylus pada boks Galaxy Tab S6 Lite. Hal ini meningkatkan daya saing tablet tersebut ketimbang Apple yang mengharuskan penggunanya membeli stylus secara terpisah.

Stylus yang dinamakan S Pen ini sungguh memiliki kualitas yang bagus. Anda bisa menghasilkan guratan pensil dengan ketebalan yang berbeda-beda, tergantung dari seberapa dalam Anda menekannya.

Hal ini kian membuat S Pen terasa seperti pensil sungguhan dan cocok bagi Anda yang hobi menggambar ataupun mencatat, karena tablet ini juga menghadirkan fitur untuk mengubah tulisan tangan menjadi teks biasa.

2. Baterai Tahan Lama

samsung galaxy tab s6 lite

Tablet memang umumnya memakan daya lebih besar ketimbang ponsel karena layarnya yang besar, tapi bukan berarti baterai Samsung Galaxy Tab S6 Lite tidak awet. Merk asal Korea Selatan ini menghadirkan kapasitas sebesar 7040 mAh yang siap untuk menjaga tablet seharian.

Berdasarkan pengujian streaming yang dilakukan oleh Cnet, tablet ini berhasil bertahan hingga 11 jam 17 menit dengan tingkat pencahayaan dan volume di angka 50% menggunakan headset.

Hal yang serupa juga dialami oleh laman LaptopMag yang mengungkapkan bahwa S6 Lite mampu dipakai browsing internet menggunakan Wi-Fi (pencahayaan layar 150 nits) hingga 12 jam 40 menit. Jadi, jangan ragu soal ketahanan baterainya.

3. Layar TFT Berkualitas

samsung galaxy tab s6 lite microsd 1tb

Walau tidak menghadirkan layar Super AMOLED seperti Galaxy Tab S6 biasa, Anda tetap mampu mendapatkan tampilan layar yang sungguh terang, bahkan mengungguli varian regulernya. Tablet ini memiliki ukuran layar 10,4 inci dengan resolusi 2000 x 1200, hanya sedikit lebih kecil dibandingkan varian regulernya.

Galaxy Tab S6 hanya memiliki satuan maksimum 290 nits, sedangkan varian Lite ini mampu mencapai angka 435 nits. Alhasil Anda pun tidak perlu khawatir saat menggunakan tablet pada siang terik, karena keseluruhan tampilan tablet ini masih mudah terbaca di luar ruangan.

Aspek rasio dari layar Galaxy Tab S6 Lite adalah 5:3 yang sungguh teroptimasi untuk menonton beragam konten film di Netflix ataupun platform lainnya. Karena aspek rasionya hampir sama dengan rasio konten yang ditonton, film pun benar-benar ditampilkan secara fullscreen tanpa adanya bagian-bagian hitam di atas dan bawah tampilan layar.

Walau begitu, layar Galaxy Tab S6 memang bukanlah yang terbaik, terutama saat berusaha menampilkan reproduksi warna yang akurat. Di beberapa kesempatan Anda akan merasa warna-warna yang ditampilkannya sedikit belel atau pudar. Tetap saja, layar TFT LCD yang dihadirkannya masih terbilang bagus untuk target pasar di rentang harga ini.

4. Dual Speaker

samsung galaxy tab s6 lite speaker dolby atmos

Ingin menggunakan tablet sebagai sarana nonton bareng? Dengan Samsung Galaxy Tab S6 Lite, keinginan Anda bisa terpenuhi karena tablet ini sudah menghadirkan stereo speaker dengan kualitas suara yang bagus. Anda dijamin bisa mendengar suara yang mengisi seluruh sisi ruangan dengan kualitas yang jernih dan juga balanced.

Hal ini berkat dukungan Dolby Atmos yang juga bisa menghasilkan suara spatial agar momen-momen menegangkan pada film bisa terasa lebih nyata.

5. Hadir dengan 3.5mm Jack Audio

samsung galaxy tab s6 lite 35mm

* sumber: www.androidinfotech.com

Hilangnya port 3.5mm jack audio pada perangkat sudah mulai menjadi tren di tahun 2020, terutama pada produk Apple dan sebagian perangkat Android lainnya.

Untung saja, Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang merupakan tablet di segmen harga mid-range masih menyediakan port audio ini sehingga pengguna pun bisa bebas menggunakan headset tanpa perlu ditambahkan adapter. Hal ini pula yang menjadikannya lebih menarik ketimbang varian S6 reguler yang tidak menghadirkan port 3.5mm jack audio.

6. Desain Bodi Cukup Ramping

desain bodi ramping samsung galaxy tab s6 lite

Samsung Galaxy Tab S6 Lite adalah solusi dari Anda yang menyukai tablet berukuran tipis serta material bodi yang kokoh. Pasalnya, tablet ini memang memiliki portabilitas yang unggul dengan tebalnya yang berukuran 7 mm saja. Sementara itu, bodinya juga terbuat dari alumunium.

Persisnya, tablet ini memiliki dimensi bodi sebesar 244.5 x 154.3 x 7 mm serta berat bodi 467 gram. Bobotnya mungkin tergolong berat, namun masih lebih ringan ketimbang Apple iPad Pro (2020) varian 11 inci yang memiliki berat 471 gram.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Meskipun Galaxy Tab S6 Lite menawarkan value yang cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan, tablet ini tentu masih jauh dari kata sempurna. Ketahui beberapa kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite berikut ini.

1. Performa Chipset Kurang Bagus

performa samsung galaxy tab s6 lite

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Lyt_hRgw75g

Anda mungkin berpikir betapa menyenangkannya bisa main game berat di layar yang besar. Samsung Galaxy Tab S6 Lite sayangnya tidak dibekali dengan chipset yang bisa meng-handle game berat secara mulus. Tablet ini dibalutkan dengan chipset Exynos 9611 dengan manufaktur 10 nm, chipset yang sering hadir pada ponsel Samsung segmen terjangkau seperti seri Galaxy A dan Galaxy M.

Chipset ini ditemani dengan prosesor octacore yang terdiri dari empat ARM Cortex A73 (2.3 Ghz) dan empat Arm Cortex A53 (1.7 GHz), serta mengandalkan Mali G72 sebagai kartu grafisnya.

Exynos 9611 bukanlah chipset yang terbaik di rentang harga mid-range, baik saat dinilai dari sudut pandang ponsel maupun tablet. Berdasarkan informasi yang didapat dari video milik TFix, tablet ini hanya meraih skor benchmark AnTuTu 8 sebesar 172.650 poin saja.

Saat dipakai bermain game, tablet ini sebenarnya masih bisa berjalan dengan cukup lancar. Namun untuk beberapa game berat seperti PUBG Mobile, Anda harus menggunakan pengaturan medium jika tidak ingin merasakan stutter sepanjang permainan.

2. Tanpa Fitur NFC

samsung galaxy tab s6 lite tanpa nfc

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=yaAeslN9WeA&feature=emb_title

Fitur yang dinamakan Near Field Communication umumnya hadir pada perangkat di rentang harga mid-range ataupun flagship. NFC ini menjadi cukup penting di kalangan masyarakat dengan mobilitas tinggi agar bisa leluasa mengecek saldo eMoney semudah menempelkan kartu. Kalau Anda berharap ada fitur NFC pada Galaxy S6 Lite, sebaiknya cari tablet lain saja.

3. Absennya Sensor Sidik Jari

samsung galaxy tab s6 lite tanpa fingerprint

Berbicara soal fingerprint scanner, Anda pasti menyadari hampir keseluruhan ponsel yang beredar di pasaran sudah mengantongi fitur yang berguna ini. Sayangnya fitur pemindai sidik jari tidak semarak itu pada tablet, dan Samsung Galaxy Tab S6 ini termasuk dalam daftar tablet yang tidak kebagian fitur ini.

Padahal Samsung sudah pernah menghadirkan fingerprint scanner yang menyatu dengan tombol Home pada Samsung Galaxy Tab S3. Dalam hal ini, Galaxy Tab S6 malah mengalami penurunan ketimbang prosesornya yang duluan dirilis beberapa tahun sebelumnya.

4. Tidak Memiliki Dukungan Keyboard Magnetis

samsung galaxy tab s6 lite tanpa keyboard

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=MDxv210VZw4

Di kondisi tertentu, mengetik terasa lebih mudah ketimbang menulis menggunakan stylus, seperti saat mengetik laporan atau hal lainnya. Sayangnya, Samsung Galaxy Tab S6 Lite tidak dihadirkan dengan dukungan aksesoris keyboard magnetis seperti “kakak”-nya, Samsung Galaxy Tab S6.

Tidak terdapat koneksi pin di bodinya, sehingga Anda pun perlu mengandalkan keyboard Bluetooth pihak ketiga jika memang ingin menggunakan tablet untuk mengetik.

Simpulan

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang bisa Anda pertimbangkan. Dengan mendapatkan S Pen tanpa melakukan pembelian terpisah, Anda benar-benar mendapatkan banyak kelebihan dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak hanya unggul di sisi produktivitas, layarnya yang terang dan suaranya yang dihasilkan dari stereo speaker membuat Samsung Galaxy Tab S6 Lite enak untuk dijadikan sarana entertainment.

Hanya saja, jangan berekspektasi bisa bermain game berat pada tablet ini kecuali jika Anda tidak mempermasalahkan FPS yang kecil atau grafis yang sedang-sedang saja.

Jadi, apakah Anda berminat memiliki tablet mid-range ini? Galaxy Tab S6 Lite diluncurkan di Indonesia pada April 2020 dan Anda bisa membawanya pulang melalui link ini.